GRATISSS .....kursus KOMPUTER . . . !! ber - IJAZAH ........

GRATISSS .....kursus KOMPUTER . . . !! ber - IJAZAH ........

Rabu, 06 April 2011

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mapel IPA SMP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 7.1
Jenjang Sekolah          : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran            : IPA Terpadu
Kelas/Semester            : VII/1
Alokasi Waktu            :  4 x 40 menit

Standar Kompetensi 1.
Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.

Kompetensi Dasar 1.1.
Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya.

A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengidentifikasikan besaran-besaran fisika dalam kehidupan sehari-hari dan mengelompokkannya ke dalam besaran pokok dan besaran turunan.
2.      Siswa dapat menggunakan Sistem (satuan) Internasional dalam menyatakan besaran-besaran fisika.
3.      Siswa dapat mengkonversi satuan panjang, massa dan waktu.

B.     Materi Pembelajaran
Besaran dan Satuan

C.    Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                 : Pembelajaran Kontekstual
2.      Metode                        : Diskusi-informasi
3.      Model Pembelajaran   : Pembelajaran Langsung, dan Pembelajaran Kooperatif
     
D.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.       Motivasi:
Dalam kehidupan sehari-hari banyak dijumpai berbagai macam besaran. Apakah yang dimaksud  dengan besaran?
Apakah ciri-ciri besaran fisika?
Apakah yang dimaksud dengan besaran pokok dalam fisika?
b.      Pengetahuan Prasyarat:
Siswa telah mengenal berbagai macam besaran dalam kehidupan sehari-hari.

2.      Kegiatan Inti
a.       Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok dengan anggota antara 4-5 siswa.
b.      Siswa melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing mengenai besaran yang mereka kenal dalam kehidupan sehari-hari.
c.       Besaran-besaran yang telah diketahui beserta satuannya  didata dan ditulis dalam buku.
d.      Besaran yang telah didata dikelompokkan ke dalam besaran fisika dan bukan besaran fisika.
e.       Masing-masing kelompok mendiskusikan pengertian  satu meter standar, satu kilogram standar, dan satu sekon standar. Pengertian meter standar, kilogram standar, dan waktu standar ditulis dalam buku.
f.       Siswa pada masing-masing kelompok melakukan konversi satuan panjang, massa, waktu, dan suhu
g.      Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.

3.      Kegiatan Penutup
a.       Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b.      Guru memberi tugas rumah

Pertemuan Kedua:
1.  Kegiatan Pendahuluan
a.       Motivasi:
Dapatkah kamu mengubah  nilai suatu besaran ke dalam bentuk baku?
Apakah besaran turunan dan besaran pokok?


b.      Pengetahuan Prasyarat:
Siswa telah mengenal konsep perkalian dengan bilangan kelipatan 10.
Siswa telah memahami macam-macam bearan pokok dalam fisika.

2.      Kegiatan Inti
a.       Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok dengan anggota antara 4-5 siswa.
b.      Masing-masing kelompok melakukan diskusi tentang cara mengubah nilai suatu besaran ke dalam bentuk baku.
c.       Masing-masing kelompok melakukan diskusi tentang cara menurunkan besaran turunan dari luas, volume, berat, gaya, dan massa jenis ke dalam besaran pokok yang menyusunnya.
d.      Masing-masing kelompok mendiskusikan cara mengkonversi satuan besaran luas dan besaran volume.

3.   Kegiatan Penutup
a.       Guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari hasil pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b.      Guru memberi tugas rumah


E.     Media Pembelajaran
-
F.     Sumber Belajar
1.      Buku IPA Terpadu: Eka Purjiyanta, S.Pd., dkk. 2007. IPA Terpadu untuk SMP Kelas VII.  Jakarta: Erlangga.
2.      Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.

G.    Penilaian
1.      Teknik                         : Tes tertulis dan Tes unjuk kerja
2.      Bentuk                                    : Tes uraian, dan isian.
3.      Instrumen Soal            : Uji kompetensi 1.1, 1.2, 1.3 pada Buku IPA Terpadu untuk
  SMP Kelas VII.


………………, ……………………..

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                           Guru Mata Pelajaran IPA



__________________                                                ____________________


Tidak ada komentar:

Posting Komentar